.
Visi dan Misi Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas | Pertanian Kabupaten Kapuas

Visi dan Misi

Mengacu kepada visi Kepala Daerah, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kapuas sebagai sebuah organisasi leading sector bidang tanaman pangan dan hortikultura memiliki visi sebagai berikut.

“ Terwujudnya Pertanian yang Maju dan Berkelanjutan ”

Kata kunci yang menjadi pokok-pokok visi di atas adalah Pertanian, Maju dan Berkelanjutan yang mengandung arti sebagaimana dijelaskan sebagai berikut :

  1. Pertanian mengacu pada sistem pertanian tanaman pangan dan hortikultura meliputi aspek hulu dan hilir yaitu permodalan, pengelolaan sumberdaya (alam dan manusia), metode budidaya, penanganan panen dan pascapanen, metode pengolahan serta jaringan pemasaran.
  2. Maju merupakan sebuah kondisi dimana seluruh aspek dalam sistem pertanian terintegrasi, responsif terhadap perkembangan zaman dan menghasilkan produk yang berdaya saing.
  3. Berkelanjutan merupakan sebuah kesatuan kondisi sektor pertanian yang lestari dalam arti eksis, terus menerus, dikelola secara bijaksana, bernilai ekonomis yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat, manusiawi yang menjujung tinggi harkat dan martabat manusia dengan mengedepankan nilai-nilai kemanusian dan kearifan lokal daerah serta
    luwes terhadap situasi dan kondisi saat ini dan kedepannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *