.
Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tabalong ke Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas | Pertanian Kabupaten Kapuas

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tabalong ke Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tabalong
Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tabalong

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Tabalong

Program pengembangan food estate di Kabupaten Kapuas  menjadi daya tarik bagi wilayah-wilayah lain disekitarnya. Pada hari Senin, 9 Agustus 2021 Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas kembali menerima kunjungan terkait pengembangan kawasan food estate.  Kunjungan kali ini dari DPRD Kabupaten Tabalong yang dipimpin oleh Wakil Ketua I Bapak H. Jurni, SE.  Diskusi dipimpin oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Teguh Setio Utomo, SP, ME dan diikuti oleh sejumlah pejabat eselon III dan IV.

Melalui unsur pimpinan DPRD Kabupaten Tabalong yang hadir dalam kegiatan ini, disampaikan bahwa Kabupaten Tabalong memiliki keinginan mengembangkan sektor pertanian. Seperti yang diketahui, struktur perekonomian Kabupaten Tabalong didominasi oleh sektor pertambangan dan perkebunan namun potensi pengembangan komoditas pertanian masih cukup besar untuk dapat menjadi sektor andalan masyarakat. Untuk tujuan itulah, dilakukan sharing dan diskusi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas yang menjadi pelaksana proyek strategis nasional pengembangan kawasan food estate selama dua tahun terakhir.

Kabupaten Kapuas sebagai kawasan pengembangan food estate ditetapkan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo dalam Rapat terbatas tentang percepatan pelaksanaan program strategis nasional.  Pengembangan food estate di Kabupaten Kapuas pada tahun 2021 merupakan tahap ke-2 dari 3 (tiga) tahun yang direncanakan. Program ini merupakan top down yang pembiayaan pada tahun 2020 dan 2021 berasal dari APBN.  Sebagai program strategis nasional yang harus didukung oleh Pemerintah Daerah, pada tahun 2021 dilakukan revisi RPJMD Kabupaten Kapuas untuk mengakomodir isu strategis mengenai food estate.

Secara umum, semua kegiatan teknis pada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas diarahkan untuk pengembangan pertanian yang secara langsung berkontribusi pada pengembangan kawasan food estate.  Untuk rencana kerja tahun 2022, dilakukan harmonisasi dan sinkronasi kegiatan food estate antara Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas dengan Kementerian Pertanian. (ea)