.
Capaian Fisik dan Keuangan masih rendah, Akselerasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Wajib ! | Pertanian Kabupaten Kapuas

Capaian Fisik dan Keuangan masih rendah, Akselerasi Pelaksanaan Program/Kegiatan Wajib !

Pengendalian progam dan kegiatan merupakan salah satu unsur penting dalam kerangka perencanaan pembangunan. Unsur ini diperlukan untuk menjamin pelaksanaan program dan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana operasional kegiatan serta mengidentifikasi kendala dan permasalahan dalam pelaksanannya agar tercapai output dan outcome yang telah ditetapkan. Untuk tujuan tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas secara rutin melaksanakan Rapat Koordinasi dan Pengendalian setiap bulan dan/atau triwulan sebagaimana diselenggarakan pada Kamis, 27 Mei 2021 di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Drs. Aswan, M.Si dan diikuti oleh segenap Pejabat eselon III, eselon IV dan pejabat fungsional terkait. Sampai dengan akhir Mei 2021, realisasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas masih dibawah target daerah yaitu sebesar 45%. Masih rendahnya progress fisik dan keuangan ini dipengaruhi oleh faktor kerangka regulasi dan keterbatasan SDM yang dimiliki. Untuk mengakselerasi pencapaian target kinerja, diharapkan komitmen segela pihak terkait untuk mengintensifkan kinerja jajarannya agar dapat memperkecil devisi antara capaian dan target pada akhir Triwulan II 2021. Deviasi antara target dan capaian sampai dengan akhir Mei adalah sebesar 29,35%.

Selain itu, dibahas pula upaya peningkatan capaian pendapatan asli daerah melalui 4 (empat) sumber-sumber PAD pada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas yaitu Balai Benih Tanaman Pangan, Balai Benih Hortikultura, Rumah Potong Hewan dan retribusi Jasa Alsintan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *